Bagikan:

JAKARTA - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menekankan pentingnya segera untuk mencapai gencatan senjata di Jalur Gaza, serta memajukan solusi dua negara dari konflik Palestina-Israel, saat melakukan pembicaraan dengan kepala negara sehabat.

Dalam perbincangan di telepon dengan Presiden Republik Ceko Petr Pavel, Presiden al-Sisi menekankan perlunya upaya bersama internasional untuk mencapai gencatan senjata segera di Jalur Gaza yang dilanda perang, selain "membahas berbagai masalah regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama."

"Presiden El-Sisi menekankan pentingnya solusi damai untuk krisis regional dan internasional, menekankan perlunya upaya internasional bersama untuk mencapai gencatan senjata segera di Jalur Gaza dan memberikan akses yang mendesak dan tidak terbatas untuk bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza untuk mengatasi kondisi kemanusiaan yang sangat buruk yang dialami oleh rakyat Palestina," kata Kepresidenan Mesir, dilansir dari WAFA 17 Juli.

"Kebutuhan vital untuk mengambil langkah-langkah efektif untuk menghindari perluasan konflik dan untuk mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk masalah Palestina berdasarkan solusi dua negara," lanjutnya.

Sementara saat melakukan panggilan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden al-Sisi membahas upaya mediasi Mesir untuk mencapai gencatan senjata dan pertukaran tahanan.

Presiden al-Sisi menyerukan pentingnya menyatukan upaya internasional untuk menyukseskan upaya mediasi dan memberikan bantuan kemanusiaan dalam jumlah yang cukup untuk meringankan kondisi yang keras di Jalur Gaza.

"Kedua presiden sepakat tentang pentingnya mengintensifkan tindakan internasional bersama, dengan tujuan mencegah perluasan konflik dan tergelincirnya kawasan itu ke dalam siklus baru konflik yang tidak terkendali," kata Kepresidenan Mesir.

Ditambahkan, keduanya juga menekankan pentingnya memajukan jalur solusi dua negara yang menjamin berdirinya negara Palestina sesuai dengan resolusi legitimasi internasional, karena ini adalah jalur ideal untuk mencapai keamanan dan stabilitas yang berkelanjutan di wilayah tersebut.