Bagikan:

JAKARTA - Norwegia akan menyumbangkan enam jet tempur F-16 ke Ukraina dilaporkan harian Verdens Gang (VG)

Informasi ini mengutip pernyataan perdana menteri Norwegia pada KTT NATO di Washington, Amerika Serikat.

Pengiriman direncanakan akan dimulai pada tahun 2024, kata Perdana Menteri Jonas Gahr Stoere, menurut VG dilansir Reuters, Rabu, 10 Juli.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak bantuan untuk negaranya tidak perlu menunggu hingga Bulan November, mengapresiasi bantuan dan dukungan dari Amerika Serkat.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Amerika Serikat atas posisi mereka yang tegas dalam membela kebebasan dan mendukung Ukraina," cuitnya di Twitter, seperti dikutip 10 Juli.

"Sangat penting untuk menang sekarang, untuk menang atas perang dan teror Rusia," lanjutnya dalam pidato di Ronald Reagan Institute, Washington DC, Amerika Serikat Hari Selasa.

Presiden Zelensky mendesak para pemimpin politik AS di Washington pada untuk tidak menunggu hasil pemilihan presiden Amerika pada Bulan November, untuk bergerak secara tegas dalam membantu negaranya melawan invasi Rusia.

"Semua orang menunggu bulan November. Orang Amerika menunggu November, di Eropa, Timur Tengah, di Pasifik, seluruh dunia melihat ke arah November dan, tentu saja, (Presiden Rusia Vladimir) Putin juga menunggu November," kata Presiden Zelensky, dikutip dari Reuters.

"Inilah saatnya untuk keluar dari bayang-bayang, untuk membuat keputusan yang kuat untuk bertindak dan tidak menunggu November atau bulan lainnya," tandasnya.