Bagikan:

JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan Research and Development 20 (RD20) Summer School 2024. Acara ini mengumpulkan peneliti muda dari negara-negara G20 untuk mengeksplorasi isu-isu penting terkait transisi energi dan upaya dekarbonisasi, demi mewujudkan sistem energi berkelanjutan.

Mengusung tema “Diversity of Knowledge on Decarbonization in Just Energy Transition Mechanism,” acara ini akan berlangsung pada 8-13 Juli 2024 di Hotel Ibis Styles Serpong BSD, Tangerang Selatan, Kawasan Sains dan Teknologi BJ. Habibie, Tangerang Selatan, dan Kebun Raya Bogor.

RD20 Summer School 2024 menyajikan program komprehensif yang mencakup topik-topik seperti transisi energi berkelanjutan, ekonomi sirkular, smart grid, kecerdasan buatan dalam energi, dan pengembangan energi surya. Sesi-sesi ini memberikan peserta wawasan berharga tentang perkembangan teknologi terbaru dan pemanfaatannya, khususnya dalam bidang energi terbarukan dan upaya dekarbonisasi.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyatakan bahwa kita saat ini menghadapi tantangan serius akibat perubahan iklim. Pengembangan energi terbarukan dan strategi dekarbonisasi menjadi semakin krusial.

“RD20 Summer School adalah bukti komitmen BRIN untuk mendorong inovasi dan kolaborasi di antara peneliti muda di seluruh dunia. Bersama-sama, kita dapat membuka jalan menuju masa depan yang berkelanjutan,” ujar Handoko.

Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Cuk Supriyadi Ali Nandar menambahkan bahwa RD20 Summer School bertujuan menyatukan pemikiran solutif dan inovatif untuk mengatasi kompleksitas strategi transisi energi dan upaya dekarbonisasi.

“Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara ilmuwan, kita berusaha membekali peneliti muda untuk mengembangkan solusi berkelanjutan di masa depan,” tambahnya.

Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito menegaskan bahwa program summer school ini menjembatani pengetahuan teoritis dan aplikasi praktis, mendorong peserta untuk berkontribusi aktif dalam perubahan lanskap sistem energi di masa depan.

Menurut Mego, peran energi terbarukan dan dekarbonisasi sangat penting bagi masa depan Indonesia. BRIN berkomitmen memimpin upaya ini melalui penelitian dan inovasi.

“RD20 Summer School tidak hanya mendorong di sisi akademis, tetapi juga mempromosikan kolaborasi internasional di antara generasi berikutnya, melibatkan ilmuwan dan praktisi di bidang energi,” tegas Mego.

Para peserta juga terlibat dalam sesi workshop interaktif, diskusi panel, dan sesi networking, untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang kompleksitas mencapai transisi energi berkelanjutan.