Tangani Mutasi COVID-19, Anggota DPR Dorong Pemerintah Percepat Vaksin Merah Putih dan Nusantara
Ilustrasi/DOK. Pemprov Jatim

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Nur Yasin, meminta pemerintah segera melakukan mitigasi dini, testing, tracing dan treatment secara akurat terkait penanganan pandemi COVID-19

Menurutnya, Pemerintah harus lebih tegas dan disiplin dalam mencegah potensi masuknya mutasi virus corona B117 ke Indonesia. 

"Sehingga kejadian lemahnya pencegahan masuknya COVID-19 seperti di awal 2020 yang lalu tidak terulang kembali," ujar Nur Yasin, Kamis 18 Maret.

Selain itu, pasca ditundanya vaksin AstraZeneca yang merupakan salah satu jenis vaksin untuk program vaksinasi, dia menilai pemerintah harus mempercepat pembuatan vaksin dalam negeri, diantaranya Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara. 

"Segera melakukan penelitian lanjutan untuk membuat vaksin-vaksin, khususnya untuk varian-varian baru dari mutasi COVID-19," tegas politikus PKB itu.

Nur Yasin juga mendorong agar proses vaksinasi dipercepat, terutama untuk kalangan pesantren-pesantren agar segera terbentuk herd immunity di Indonesia.

"Saya mengimbau juga kepada masyarakat, baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar dia.