Bagikan:

JAKARTA - Seorang kakek lanjut usia (lansia) bernama Zaenal Samsuro (66) diarak warga Kalipasir, Kecamatan Menteng, lantaran tepergok mencuri uang di dalam kotak amal. Dia nekat mencuri karena tak punya uang untuk beli obat turun berok.

Pelaku nekat menggasak uang kotak amal di Musala Arrohmah di RW 10, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Namun aksi pelaku berhasil diketahui warga. Pelaku ditangkap pada Kamis, 4 Juli, siang, meski sempat kabur meninggalkan musala.

Saat diinterogasi warga, pelaku mengaku sudah 7 kali beraksi di lokasi yang sama. Salah seorang warga mengatakan, awalnya pelaku izin untuk numpang salat Dzuhur di Musala Arrohmah.

Warga yang curiga, kemudian mengintai gerak-gerik pelaku. Warga kemudian memergoki pelaku sedang mengambil uang di kotak amal dengan menggunakan lidi yang ditempeli permen karet di ujungnya.

Warga yang memergoki pun langsung menegurnya. Pelaku yang panik kemudian kabur meninggalkan musala.

Namun, warga dengan sigap menyergap pelaku yang sudah kabur sampai ke ujung gang. Warga yang geram pun sesekali melayangkan pukulan bertubi-tubi.

Saat ditanya warga, lansia asal Bojonggede itu mengaku sudah 7 kali beraksi di Musala Arrohmah.

"Sudah 7 kali pak," kata pelaku sambil memelas.

Pelaku mengaku nekat mencuri kotak amal untuk membeli obat turun berok (hernia).

"Untuk beli obat pak, sakit berok (hernia)," ucapnya.

Pelaku kemudian diamankan ke Polsek Metro Menteng guna proses lebih lanjut.