Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku blusukan ke sejumlah wilayah Jakarta pada Rabu 3 Juli 2024 untuk belanja masalah publik. Terkait agenda ini, Gibran mengaku sudah meminta izin kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Ya intinya saya sudah izin kepada Pak Pj Gubernur untuk belanja masalah, dan beliau sudah mengizinkan,” ujar Gibran.

Rangkaian kegiatan blusukan Gibran dimulai dari kawasan Menteng Wadas, Setiabudi Jakarta Selatan kemudian Tanah Tinggi, Johar Baru hingga berakhir di Pasar Nangka, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ia menyapa warga serta membagikan buku dan susu kepada mereka.

“Hari ini kita ke tiga titik. Ini kawasan yang perlu perhatian khusus, ada kawasan kumuh, di sini ada pasar, intinya nanti ke depan tempat-tempat seperti ini terutama yang ada di Jakarta ya, akan kami beri atensi penuh,” ucap Gibran di hadapan awak media.

Terkait kedatangannya ke sejumlah kawasan padat penduduk, Gibran mengungkap akan memperhatikan sanitasi dan akses kesejahteraan bagi warga. Termasuk upaya untuk mengurangi stunting serta memudahkan layanan kesehatan bagi mereka.

Ia juga menyebut kunjungan ini untuk mendorong perbaikan pada pasar tradisional di sejumlah daerah. Sehingga nantinya dapat lebih bersih dan nyaman serta memudahkan warga untuk berbelanja.

“Jadi bisa pasarnya makin ramai, makin proper, makin bersih dan juga yang beli makan banyak,” kata Gibran.

Dalam kegiatan itu, Gibran tidak datang sendirian melainkan mengajak sosok selebritas Raffi Ahmad. Ia turut membantu Gibran membagikan buku tulis dan susu kepada warga.

Keduanya sempat menemui sejumlah warga lanjut usia (lansia) dan beramah tamah secara singkat. Raffi dan Gibran juga sempat berulang kali melayani permintaan foto bersama dari warga terutama dari kalangan ibu-ibu.