Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bakal mengadakan pertemuan dengan gubernur Demokrat. Pertemuan ini disebut upaya menggalang dukungan usai penampilan debat yang dianggap buruk alias rungkad.

Gubernur Minnesota Tim Walz, ketua Asosiasi Gubernur Demokrat, akan berada di Gedung Putih untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Beberapa gubernur berencana untuk hadir secara langsung, sementara yang lain akan hadir secara virtual.

Gubernur California Gavin Newsom diperkirakan akan terbang ke Washington, D.C., pada Rabu, 3 Juli, untuk menghadiri pertemuan tersebut, kata juru bicara gubernur kepada CBS News.

Gubernur Illinois J.B. Pritzker juga diperkirakan akan menghadiri pertemuan tersebut secara langsung.

Pertemuan tersebut terjadi ketika Gedung Putih dan tim kampanye Biden berupaya untuk mempertahankan gubernur dari Partai Demokrat dan anggota Partai Demokrat terpilih lainnya setelah perdebatan sengit yang dilakukan Biden.

Perwakilan Lloyd Doggett dari Texas menjadi anggota parlemen Partai Demokrat pertama yang meminta Biden untuk mundur dari pemilihan presiden, saran yang dengan cepat ditolak tim kampanye tersebut.

Pertemuan dengan para gubernur ini penting karena hingga saat ini, sebagian besar pembantu dan penasihat utama Biden telah menghubungi para anggota Partai Demokrat terpilih untuk meyakinkan mereka setelah pidato debatnya.

Para anggota Asosiasi Gubernur Partai Demokrat melakukan panggilan telepon pada Senin, 1 Juli, untuk membahas tanggapan yang sedang berlangsung terhadap perdebatan pekan lalu dan kekhawatiran yang meluas di kalangan kepala eksekutif negara bagian soal Biden tidak melakukan banyak upaya sosialisasi kepada para gubernur.

Beberapa hari setelah debat tersebut, Gubernur New Jersey Phil Murphy – yang menjadi tuan rumah salah satu penggalangan dana yang dihadiri presiden dan ibu negara pada akhir pekan di wilayah New York – adalah satu-satunya gubernur yang diketahui telah berbicara langsung dengan Biden.

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan kepada wartawan “performa debatnya buruk,” tetapi dia akan terus mendukung Biden selama dia terus ikut dalam pencalonan. Beshear mengatakan Biden adalah kandidatnya, dan hanya dia yang dapat mengambil keputusan mengenai pencalonannya.”