Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau harga bahan pokok dan memberikan bantuan bagi para pedagang di Pasar Temenggoeng Djaja Karti, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis 27 Juni.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menyoroti stabilitas harga sebagai indikator positif dari sistem distribusi yang efektif.

"Ya harga-harga baik, misalnya ayam potong Rp38 ribu (per kg), kemudian bawang merah bawang putih Rp35 ribu-Rp40 ribu (per kg). Kemudian minyak goreng Rp16 ribu (per liter). Saya kira sama dengan di Jawa, harga-harga baik," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers di sela meninjau RSUD Tamiang Layang, Kamis 27 Juni, disitat Antara.

Presiden juga mengamati kesetaraan harga antara Kalimantan dan Jawa yang menandakan baiknya distribusi dan transportasi sampai ke pasar-pasar seluruh daerah. Presiden juga melihat bahwa stok bahan pokok di pasar tersebut masih terjaga.

"Kalau harganya seperti itu (stabil) artinya stoknya ada. Kalau stoknya menipis, pasti harga langsung naik," ujarnya.

Pasar Temenggoeng Djaja Karti, yang melayani komunitas lokal dengan berbagai kebutuhan pokok, menjadi pusat pertemuan antara Presiden dan pedagang lokal. Pada kesempatan itu, Presiden pun memberikan bantuan modal kepada sejumlah pedagang.

"Alhamdulillah senang. Untuk nambah modal," jawab Ratiani, salah seorang pedagang sayur, ketika ditanya penggunaan bantuan yang diterima.

Pedagang lainnya, Wahyu, juga merasakan kegembiraan yang sama. Pria yang sehari-hari berjualan jajanan pentol tersebut mengaku akan menggunakan sebagian bantuan untuk keperluan keluarga.

"Sehat-sehat Pak Jokowi. Makasih banyak bantuannya," ujarnya pula.

Kunjungan Presiden ke Pasar Temenggoeng Djaya Karti tidak hanya fokus pada evaluasi harga dan distribusi, tetapi juga sebagai bentuk kehadiran dan dukungan langsung pemerintah terhadap masyarakat lokal di Kalteng.

Kunjungan ini juga menegaskan komitmen pemerintah dalam memastikan stabilitas dan kesejahteraan ekonomi warganya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke pasar tersebut, yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dan Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan.