Bagikan:

TERNATE - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, longboat berpenumpang 11 orang yang sempat dilaporkan hilang kontak di perairan Halmahera Barat dan Pulau Batang Dua, dilaporkan selamat.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan pihaknya menerima informasi dari Danpos AL Mayau bahwa Longboat Ebenheizer telah tiba di Pulau Mayau dan seluruh POB dalam keadaan selamat.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, saat sedang dalam perjalanan menuju Pulau Batang Dua motoris Ebenheizer memutuskan untuk berlindung dan mengikat tali longboat ke rompon (rakit) di sekitar Perairan Laut Malut untuk berlindung karena cuaca buruk.

Kondisi inilah yang mengakibatkan Longboat Ebenheizer terlambat tiba di Pulau Mayau.

"Tim SAR Gabungan yang sedang melaksanakan pencarian kemudian bergerak menuju ke Pulau Mayau Batan Dua untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Setelah tiba di pulau Batan Dua dan memastikan bahwa benar Longboat Ebenheizer dengan POB 11 orang dalam kondisi selamat dan aman maka Operasi SAR pun selesai dan ditutup," ujarny dilansir ANTARA, Rabu, 26 Juni.

Rombongan ini bertolak dari Pel. Tobaol Ibu Halmahera Barat menggunakan longboat pada 25 Juni.