Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah personelnya, dua di antaranya jabatan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) dan Banten.

Mutasi atau rotasi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/1236/VI/KEP./2024 hingga ST/1239/VI/KEP./2024, tertanggal 26 Juni 2024.

Untuk jabatan Kapolda Sumut, Kapolri menujuk Brigjen Whisnu Hermawan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Brigjen Whisnu Hermawan akan menggantikan posisi Irjen Agung Setya Imam Effendi yang memasuki masa pensiun.

"Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi baik untuk tour of area and duty, promosi, dan penugasan lain," ujar Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo mengenai mutasi Kapolri, Rabu, 26 Juni.

Sementara untuk posisi Kapolda Banten, Kapolri menujuk Brigadir Jenderal Polisi Suyudi Ario Seto. Dia akan menggantikan Irjen Abdul Karim.

Diketahui, Irjen Abdul Karim dipromosikan sebegai Kadiv Propam Polri untuk menduduki posisi yang ditinggalkan Irjen Syahardiantono.

Adapun, Irjen Syahardiantono ditunjuk sebagai Kabaintelkam untuk menggantikan Komjen Suntana yang telah purna tugas atau pensiun.

Dalam Surat Telegram yang diterbitakan, setidaknya Kapolri merotasi dan mutasi ratusan anggotanya. Mulai dari tingkat pati hingga perwira menengah atau pamen.

"Secara keseluruhan terdapat 745 personel yang mutasi," kata Dedi.