Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui mengondisikan pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) agar memberikan keterangan normatif ketika diperiksa oleh KPK.

Pengakuan itu bermula saat jaksa penuntut umum (JPU) mempertanyakan perihal pernah tidaknya SYL meminta eks Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono, dan mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian, Muhamamd Hatta, untuk mengumpulkan para pegawai Kementan.

SYL mengamininya dan menyebut meminta mereka untuk memberikan penjelasan yang normatif.

"Secara umum saya hanya menyampaikan jangan mengganggu pekerjaan yang ada dan berikan penjelasan secara normatif," ucap SYL dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 24 Juni.

"Ada menyampaikan itu ke Pak Kasdi?" tanya jaksa.

"Secara umum. Banyak orang, di rapat koordinasi kalau tidak salah," sebut SYL.

SYL kemudian menjelaskan permintaannya itu disampaikan ketika rapat eselon I. Dia mengklaim bila arahannya itu agar tak berdampak pada kinerja para anak buahnya

"Iya. Artinya walaupun tidak formal tetapi selalu ada meja panjang di mana semua ada. Saya berharap pemeriksaan itu tidak menurunkan kinerja yang ada, dan memberi penjelasan secara normatif saja. Ada pak Kasdi di sana," ucap SYL.

see_also]

- https://voi.id/berita/392660/rusia-bersumpah-bakal-balas-as-atas-serangan-rudal-atacms-ukraina-di-sevastopol-krimea

- https://voi.id/berita/392658/hujan-lebat-di-chile-bikin-tanggul-limbah-pertambangan-meluap-banjiri-permukiman

- https://voi.id/berita/392651/thailand-kirim-pekerja-pertanian-ke-israel-untuk-pertama-kalinya-sejak-perang-di-gaza

- https://voi.id/berita/392639/filipina-lanjutkan-pasokan-militer-di-laut-china-selatan-usai-insiden-bajak-laut-tiongkok-ingatkan-jangan-memprovokasi

- https://voi.id/berita/392628/kebakaran-pabrik-baterei-hwaseong-korsel-tewaskan-22-orang-mayoritas-warga-china

[/see_also]

Kendati demikian, SYL menyatakan membantah keterangan Kasdi Subagyono perihal memerintahkan pegawai Kementan tak memberikan kesaksian secara detail.

"Saya bantah. Tidak ada seperti itu. Tidak ada halangan sedikitpun untuk masuk ke Kementan. Yang saya minta mereka ga usah takut, kita yakin kita tidak salah, oleh karena itu berikan jawaban yang normatif," kata SYL.