Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan pada Senin 24 Juni sebagian besar wilayah Indonesia berisiko hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Sedangka Jakarta beawan sepanjang hari.

“Pada Senin pagi hujan melanda Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur,” kata BMKG dilansir dari ANTARA.

Peringatan yang sama juga akan terjadi pada Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan.

“Sulawesi Barat diperkirakan hujan lebat, dan Aceh serta Nusa Tenggara Timur diperkirakan angin kencang,” kata BMKG.

BMKG mengatakan Surabaya, Pekanbaru, Kupang, dan Padang diperkirakan cerah berawan sepanjang hari. “Sementara itu, Yogyakarta dan Palangkaraya diperkirakan berawan sepanjang hari,” kata BMKG.

Pada Senin siang, diperkirakan sejumlah kota masih mengalami hujan ringan, yaitu Jambi, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Ambon, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Manado.

Di waktu yang sama, Medan, Palembang, Kendari, Ternate, diperkirakan hujan sedang, dan Banjarmasin diperkirakan hujan petir.

Sementara, pada awal pekan ini, kondisi cuaca di Jakarta umumnya berawan hingga cerah berawan. Pada pagi hari, kondisi cuaca di Jakarta umumnya berawan, kecuali di sebagian wilayah Jakarta Barat yang diprediksi berawan tebal.

Menjelang siang hari, kondisinya mulai cerah berawan, terutama di sebagian wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Sedangkan pada malam hari, kondisinya berawan.

Sedangkan di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, secara umum akan turun hujan dengan intensitas ringan.