Bagikan:

MAKASSAR -  Kota Makassar kembali menorehkan prestasi karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang ditetapkan masuk dalam kategori Kota Terbahagia di dunia berdasarkan Happy City Index.

"Satu-satunya dari Indonesia ialah Makassar. Lebih bagus dari beberapa kota di dunia," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan di Makassar dilansir ANTARA, Rabu, 19 Juni.

Happy City Index menempatkan Kota Makassar di rangking ke-234 dari 250 kota di seluruh dunia sebagai Kota Terbahagia.

Pomanto menyampaikan rasa syukur karena Makassar sudah dapat tiga kategori secara internasional. Pertama City Index pada posisi ke-157 di dunia.

Kedua Smart City Index posisi ke-115 di dunia, dan ketiga adalah Happiness Index masuk sebagai salah satu dari 250 kota di dunia dari 10 ribu yang dianggap sebagai Kota Terbahagia.

Kata Danny, predikat ini sekaligus menepis pandangan Makassar sebagai kota demo dan pandangan lainnya yang tidak terbukti.

Termasuk makin membenarkan survei bahwa Happiness Index Kota Makassar mencapai 82,9 persen. "Artinya ini terbukti secara dunia," ucapnya.

Indeks Kota Terbahagia itu dihitung berdasarkan beberapa indikator, seperti City 207,1, Government 225,8, Economy 322,9, Environment, 230,6, dan Mobility 244,3. Dari semua penilaiannya itu, kota dengan julukan Anging Mammiri ini memperoleh skor 1230,7.