Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Korea Utara pada Selasa dan Rabu pekan ini, kata Kremlin.

Kunjungan ini dianggap perjalanan yang sangat jarang terjadi dan menggarisbawahi berkembangnya kemitraan Moskow dengan negara bersenjata nuklir yang tertutup itu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyampaikan undangan kepada Putin saat berkunjung ke Rusia pada September 2023. Putin belum mengunjungi Pyongyang sejak Juli 2000.

“Atas undangan Ketua Urusan Luar Negeri DPRK, Kim Jong Un, Vladimir Putin akan melakukan kunjungan kenegaraan persahabatan ke Republik Demokratik Rakyat Korea pada 18-19 Juni,” kata Kremlin dilansir Reuters, Senin, 17 Juni.

Setelah Korea Utara, Putin akan mengunjungi Vietnam pada 19-20 Juni, kata Kremlin.

Rusia berusaha keras untuk menunjukkan kebangkitan hubungannya dengan Korea Utara sejak dimulainya perang di Ukraina, yang telah memicu krisis terbesar dalam lebih dari 60 tahun dalam hubungan Moskow dengan Barat.

Bagi Putin, yang mengatakan Rusia sedang terlibat dalam pertarungan sengit dengan Barat mengenai Ukraina, pendekatan terhadap Kim memungkinkan dia untuk menyerang Washington dan sekutu-sekutunya di Asia sambil mengamankan pasokan artileri dalam jumlah besar untuk perang di Ukraina