Bagikan:

JAKARTA - Politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno merespons pemanggilan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait kasus Harun Masiku oleh KPK. Hendrawan menegaskan, PDIP selalu konsisten mendukung penegakan hukum yang transparan dan adil.

"Dari dulu sikap kami konsisten, mendukung proses penegakan hukum yang transparan dan adil," ujar Hendrawan saat dihubungi, Rabu, 5 Juni.

Dengan demikian, lanjut Hendrawan, masyarakat bisa merasakan kehadiran PDIP dalam segala upaya penegakan hukum. Dia pun yakin, kehadiran Hasto sebagai saksi dapat memberikan informasi akurat yang dibutuhkan aparat penegak hukum.

"Hanya dengan demikian kehadiran dan krida kepartaian akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memanggil Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto pekan depan. Penyidik sudah menjadwalkan pemeriksaan terkait pencarian eks caleg PDIP Harun Masiku yang masih buron dan tak diketahui keberadaannya hingga saat ini.

“Informasi dari teman teman penyidik yang bersangkutan dimungkinkan di minggu depan akan dipanggilnya ya,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Juni.

“Tetapi memang kami belum mengonfirmasi kembali waktunya dan apakah surat panggilan akan sudah dilayangkan apa belum tapi sudah diagendakan,” sambungnya.

Ali mengatakan pemanggilan Hasto berkaitan dengan informasi baru yang diterima komisi antirasuah berkaitan dengan keberadaan buronan tersebut. Meski begitu, dia tak memerinci lebih lanjut tentang proses yang masih berjalan.

KPK hanya memberikan kisi-kisi ada pihak yang menyembunyikan Harun. “Sehingga, terus kita mendalami lebih jauh,” tegasnya.