Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep meminta Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak bersikap sejalan dengan pemerintah pusat.

Jika memenangkan Pilgub Jawa Timur, Kaesang berharap Khofifah dan Emil berada satu gerbong dengan Presiden Joko Widodo, hingga Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat menjalankan pemerintahan daerah.

Hal ini diungkapkan Kaesang usai resmi mengusung pasangan petahana tersebut sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Saya berharap Bu Khofifah dan Bapak Emil dapat bersinergi untuk program pemerintah pusat yang ditransisikan dari Pak Presiden Jokowi ke Pak Prabowo sebagai presiden terpilih di 2024," kata Kaesang di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juni.

Meski PSI hanya memperoleh 1 kursi di Pemilu Legislatif 2024 DPRD Jawa Timur, Kaesang mengaku dukungan kepada mantan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur untuk mencalonkan kembali merupakan kehormatan.

Karenanya, Kaesang memerintahkan kadernya yang akan diusung untuk menjadi calon bupati-wakil bupati maupun wali kota-wakil wali kota di Jawa Timur untuk ikut mendukung Kaesang.

"Insyaallah kader PSI yang kami dorong dan perintahkan maju di Pilkada 2024 nanti seperti Surabaya, Malang, Madiun, dan Gresik akan juga turut mendukung Ibu Khofifah dan Pak Emil," ucap Kaesang.

Kaesang menegaskan PSI tidak meminta mahar politik apapun saat memberikan dukungan kepada Khofifah dan Emil.

"Tidak ada mahar atau apapun itu. Paling biaya yang dikeluarkan oleh Bu Khofifah dan Pak Emil itu tiket pesawat saja ke sini. Itu saja," tutur putra Presiden Jokowi tersebut.

Sebelumnya, pasangan petahana Khofifah-Emil telah mengantongi restu dari empat partai politik untuk maju di Pilgub Jatim, yakni Golkar, Perindo, Demokrat dan PAN.