Bagikan:

JAKARTA - Relawan pendukung Anies Baswedan menilai Sudirman Said potensial menjadi bakal Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pada 27 November 2024 lantaran dinilai dapat mengatasi polarisasi di masyarakat.

"Saya kira Pak Dirman punya potensi untuk mengeliminasi atau menurunkan tensi polarisasi di Jakarta. Ini kan polarisasi berimbas ke seluruh Indonesia enggak hanya Jakarta," kata Inisiator Relawan Anies, Ramli Rahim dalam konsolidasi relawan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dilansir ANTARA, Jumat, 31 Mei.

Menurut Ramli, meskipun kini Anies tetap digadang-gadang sebagai bakal calon kuat Gubernur DKJ, masyarakat butuh sosok terbuka yang ada pada sosok Sudirman Said.

"Kita butuh figur lain ya, jadi tembakan sekarang fokus ke Pak Anies. Kita butuh figur lain yang lebih terbuka, lebih luas, karena kita ingin polarisasi di Jakarta sudah selesailah," kata Ramli.

Klaim tersebut, kata Ramli, terlihat dari diterimanya Sudirman Said oleh partai-partai Koalisi Perubahan serta partai-partai di luar Koalisi Perubahan, seperti Demokrat dan Gerindra.

"Dan Alhamdulillah kelihatan bisa diterima lebih mudah, bukan cuma di Koalisi Perubahan, namun di luar Koalisi Perubahan juga. Seperti pernyataan terbuka dari teman-teman Demokrat, itu sudah disampaikan, teman-teman Gerindra juga terbuka dengan Pak Dirman," katanya.

Ramli juga mengatakan bahwa kecil kemungkinan Anies akan dipasangkan dengan Sudirman Said dalam Pilkada DKJ mendatang.

"Kalau bareng jadi gub-wagub kelihatannya kecil. Kalau menutup potensi dalam politik tidak ada kuncian mati ya," katanya.

"Tapi kalau menurut saya, itu hampir tidak mungkin. Karena Pak Dirman sudah sampaikan ke publik, dia 01 atau tidak sama sekali," kata Ramli.

Selain itu, kata dia, kecil kemungkinan juga Anies dan Sudirman Said menjadi lawan politik.

"Kalau ternyata itu terjadi meskipun itu kemungkinannya kecil ya, menurut saya kecil. Kalau masih Dirman sudah maju kelihatannya Pak Anies tidak," katanya.

"Jadi kalau pun itu terjadi, Ya kita di liat ujungnya di KPU. Karena kan pendaftaran di KPU," tutur Ramli.

 

Mengenai dukungan parti politik, kata Ramli, Sudirman Said telah bertemu tujuh partai politik. Tapi tujuh partai politik itu tidak disebutkan namanya oleh Ramli.

"Memang ada tim khusus yang berkonsolidasi dengan partai politik. Jadi ada atau tidak Pak Dirman, konsolidasi itu jalan dengan partai politik. Dan Alhamdulillah respons partai politik lumayan baik," katanya.

Dia menyatakan tidak elok menyebutkan partai-partainya. "Kalau sekarang, setahu saya ya, sampai semalam itu sudah ada tujuh partai politik yang bertemu dengan beliau," kata Ramli.