Bagikan:

JAKARTA - Co-captain Tim Nasional Pemenangan AMIN, Sudirman Said mengklaim sumber dana terbesar untuk kampanye Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 berasal dari sumbangan para relawan.

"Kalau boleh saya boleh katakan, sumber dana kita terbesar dari mana, bukan dari para penyumbang kepada capres cawapres. Tapi, dari para relawan yang sekarnag ini bekerja luar biasa," kata Sudirman di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16 November.

Sudirman tak menampik dana kampanye Anies-Cak Imin tak begitu besar. Mengingat banyak masyarakat yang menjadi relawan pasangan calon nomor urut 1 ini merogoh kocek pribadi untuk mendanai logistik hingga makanan pada kegiatan mereka.

"Jadi andalan utama kita, karena ini gerakan rakyat, maka masyarakat yang akan mendanai gerakan ini. Seperti ibaratnya perang gerilya. Gerilya itu kan tidak ada markas besar. Adanya masyarakat yang iuran makanan, logistik, dan itu yang sedang terjadi," urai Sudirman.

Selain itu, Sudirman juga menyebut dana kampanye di platform media sosial Anies-Cak Imin juga tak lebih banyak dari kedua rivalnya, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Namun, Sudirman masih optimis capres-cawapresnya bisa mendapat banyak dukungan dari masyarakat langsung di lapangan.

"Betul semua transparan bagaimana kita kemampuan berbelanja. Tapi kita optimis bahwa suasana darat itu jauh lebih baik dari suasana udara dengan tidak mengabaikan bahwa kita terus berusaha di udara," ungkap dia.

"Karena itu, meskipun aliran dana kepada timnas barangkali tidak sebesar yang lain, tetapi yang sebenrnya di lapangan jauh lebih besar daripada apa-apa yang bisa kita kumpulkan," imbuh Sudirman.