Ramai #nazarpemilu Anies-Cak Imin Menang, Sudirman Said: Rakyat Tak Tahan Tunggu Perubahan
Capres Anies Baswedan saat debat kedua Capres, 7 Desember (VOI/Bambang)

Bagikan:

JAKARTA - Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said mengaku terkesima dengan ramainya tagar #nazarpemilu yang diungkapkan sejumlah warganet di media sosial.

Tagar #nazarpemilu sempat menjadi trending topic di platform X (Twitter). Orang-orang yang menulis tagar #nazarpemilu di cuitannya mengungkapkan janji kebaikan yang akan dilakukan jika pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memenangkan Pilpres 2024.

"Gerakan rakyat terus melahirkan kreativitas baru dalam dukungan kepada AMIN, terakhir nazar pemilu. Atas semua ini, dalam benak saya tersimpan tanda tanya sekaligus harapan besar; jangan-jangan rakyat sudah demikian tak tahan menunggu lahirnya perubahan," kata Sudirman dalam keterangannya, Rabu, 10 Januari.

Sudirman mencontohkan beberapa bentuk nazar yang ia pantau di medsos. Salah satunya, seorang tukang ojek online akan menggratiskan penumpangnya setiap Jumat selama satu bulan, dan setiap tanggal 1 selama setahun.

Ada juga pendukung Anies-Cak Imin yang akan membagikan sembako 25 paket berisi beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 2 liter, dan uang Rp50.000 ke kaum dhuafa di sekitar tempat tinggalnya.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ini mengklaim pihaknya tak melakukan pengerahan tertentu kepada masyarakat yang melakukan nazar. Ia menilai munculnya #nazarpemilu adalah hal spontan masyarakat untuk membantu memenangkan capres-cawapres Koalisi Perubahan tersebut.

"Kita bersyukur di antara janji-janji yang diucapkan, tak terlihat ada janji untuk melakukan keburukan. Kita juga paham bahwa nazar yang diucapkan itu adalah janji pada diri sendiri, tidak ada yang meminta atau mewajibkan," ungkap Sudirman.

Kesukarelawanan ini, menurut Sudirman, merupakan wujud dukungan terhadap Anies-Cak Imin. Pasalnya, mereka memahami keterbatasan logistik kampanye paslon 01 dan timnya.

"Dalam suasana batin demikianlah rakyat membangun komitmen, bahu-membahu bersama orang banyak untuk menaruh apa saja sebagai alat untuk menyukseskan perjuangan. Nazar pilpres adalah salah satunya," imbuh dia.