Jokowi Dukung Vaksin Merah Putih-Vaksin Nusantara, Tapi Harus Saintifik dan Transparan
Ilustrasi vaksin. (Sam Moqadam/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, pemerintah tentu mendukung inovasi vaksin COVID-19 yang tengah dikembangkan di tanah air yaitu Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara.

Hanya saja, Jokowi mengingatkan, seluruh produk vaksin yang dikembangkan harus sesuai dengan kaidah saintifik. Hal ini harus dilakukan guna menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu untuk mencegah penularan virus di tengah masyarakat.

"Saat ini vaksin yang tengah dikembangkan di tanah air adalah Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara yang terus harus kita dukung. Tapi, untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah saintifik," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 12 Maret

Dia meminta, seluruh kaidah keilmuan dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Tak hanya itu, tahapan ini juga harus dilakukan secara terbuka dan transparan juga melibatkan banyak ahli.

Persyaratan dan tahapan ini, sambung eks Gubernur DKI Jakarta ini, penting dilakukan. Tujuannya untuk membuktikan kepada khayalak jika proses pembuatan vaksin mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Sehingga vaksin yang dihasilkan aman dan efektif penggunaannya," tegasnya.

Nantinya, jika seluruh tahapan telah dilalui, barulah percepatan produksi vaksin buatan dalam negeri ini harus dilakukan. Sehingga, kebutuhan dosis vaksin bagi seluruh masyarakat Indonesia bisa tercapai.

"Jika tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin," tutup Jokowi.