Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih membuka pintu kepada Anies Baswedan untuk diusung menjadi calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Sampai saat ini, Anies pun belum mengumumkan dirinya akan maju dalam Pilgub DKI atau tidak.

Bendahara Desk Pilkada PKB Ahmad Iman Syukri menguraikan, pihaknya akan menemui mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk menemui Anies secara khusus membahas hal tersebut.

"Kami ditugasi oleh Ketum kami (Muhaimin Iskandar) untuk berkomunikasi dengan Pak Anies Baswedan. Kemungkinan minggu depan Ketua Desk Pilkada akan ketemu Pak Anies Baswedan," kata Iman di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei.

Meski belum memutuskan pengusungannya di Pilkada DKI, Iman mengaku Anies menjadi salah satu pilihan utama PKB untuk diusung, selain opsi memajukan kadernya yakni Ida Fauziyah dan Hasbiallah Ilyas. Mengingat, elektabilitas Anies di Jakarta masih cukup tinggi.

"Sejauh ini survei Pak Anies masih tinggi. Mengenai wakil dan macam-macam, tinggal dikomunikasikan. Mungkin minggu depan akan ketemu, mudah-mudahan DKI ini segera fix," jelas Iman.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyambut gembira jika Anies mau kembali mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jakarta. Namun, kata dia, PKB masih akan berdiskusi di internal mengenai calon yang akan diusung di pilkada semua daerah.

"Ya kalau saya pribadi senang sekali kalau Anies diusung itu memang jadi bagian dari kebersamaan selama ini. Tapi kita akan menunggu proses desk pilkada yang akan berdiskusi dengan semua kalangan DPW, DPC," jelas Cak Imin.

Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan, belum ada pembahasan di PKB mengenai rekomendasi untuk Anies maju Pilkada Jakarta. Dia bilang, internal PKB baru akan membicarakan hal tersebut pada pekan depan.

"Belum, belum nanti Minggu depan. Akhir bulan ini baru akan dibahas semua pilkada termasuk DKI," kata Cak Imin.