Mengenang Sosok Habib Hasan dari Sudut Pandang Arsul Sani
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani. (Abdu Faisal/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani merasakan duka mendalam atas meninggalnya tokoh senior yang juga Ketua DPP PPP Habib Hasan Mulachela pada Jumat, 12 Maret, pagi ini.

"Pagi ini kehilangan seorang tokoh kemanusiaan yang luar biasa, berpulang ke Rahmatullah," tulis Arsul dalam laman Facebook pribadinya, Jumat, 12 Maret.

Menurut Arsul, Habib Hasan merupakan sosok yang mengajarkan dengan perbuatan dakwah bil hal tentang Islam rahmatan Lil Alamin.

"Ia menyisihkan begitu banyak rezeki-nya untuk kaum tidak mampu (dhuafa) pada setiap waktu tanpa melihat mereka beragama apa, dari suku apa serta yang berada di daerah yang jauh dari tempat tinggalnya," kenang wakil ketua MPR itu.

Arsul bersaksi bahwa Habib Hasan merupakan orang yang baik. Ia berdoa almarhum Husnul khatimah karena wafat dihari Jumat.

"Sugeng tindak di hari sayyidul ayam ini, Bib. Habib adalah min ahlil Khoir (golongan orang-orang yang baik)," tutup Arsul.

Diketahui, kabar duka pertama kali tersiar melalui voicenote yang dikirimkan salah satu putri Habib Hasan, Kareema Mulachela di grup whatsapp.

"Teman-teman ayah sudah nggak ada. Habib Hasan meninggal dunia tadi sekitar pukul 06.56 WIB," ungkap Kareema.

Rencananya jenazah Habib Hasan akan dikebumikan di Solo, Jawa Tengah. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RS Jantung Diafragma Cinere, Jakarta Selatan.

Habib Hasan Mulachela sendiri selama ini dikenal sebagai sosok dermawan dan pegiat sosial. Hasan juga tak berhenti berbagi sembako maupun uang tunai kepada warga yang kurang mampu.

Aktivitas terakhir politisi senior PPP itu ikut menyambangi Pasar Turi Surabaya setelah sebelumnya menerima keluhan sejumlah pedagang di pasar tersebut.