Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal saat penutupan Rakernas V PDIP pada hari ini, Minggu, 26 Mei. Salah satunya adalah yang berkaitan soal kader pelanggar etika dan konstitusi.

Awalnya, Puan berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024 saat mengawali pembacaan rekomendasi. Ucapan ini juga disampaikan bagi pemilih PDIP yang membuat partai berlambang banteng ini menang ketiga kalinya di parlemen.

“Rakernas V Partai mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Prof. Mahfud MD dan PDI Perjuangan dipercaya rakyat memenangkan pemilu legislatif tiga kali berturut-turut,” kata Puan membacakan rekomendasi saat penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26 Mei.

“Kepercayaan rakyat harus diwujudkan untuk memperbaiki tiga pilar partai, yaitu struktural, legislatif, dan eksekutif,” sambungnya.

Setelahnya rekomendasi ini membahas soal kader pelanggar disiplin dan etika politik. Puan atas nama PDIP meminta maaf atas perbuatan mereka.

"Sehubungan dengan adanya perilaku kader partai yang tidak menjunjung tinggi etika politik, tidak berdisiplin, dan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ideologi partai serta melakukan pelanggaran konstutusi dan demokrasi, Rakernas V Partai menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia," tegas Ketua DPR RI tersebut.

Puan menyebut PDIP akan berupaya kejadian semacam ini tak terjadi lagi. Rekomendasi untuk menyempurnakan sistem rekrutmen, kaderisasi hingga penugasan partai telah dirumuskan.

“Agar apa yang terjadi dengan penyimpangan perilaku kader pada pemilu 2024 tidak terulang kembali," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Tema yang dibawakan adalah 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Kegiatan ini dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.