Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta memilih Mayor atau kependekan dari Macan Kemayoran sebagai maskot untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024.

Berbarengan dengan maskot, KPU DKI juga meluncurkan tahapan dan lagu Pilgub DKI 2024 berjudul 'Suara Kita Masa Depan Jakarta' sebagai tanda bahwa KPU DKI Jakarta telah siap melaksanakan Pemilihan Gubernur serentak pada 27 November 2024.

"Maskot dan jingle ini kami dapatkan dari sayembara. Masyarakat DKI Jakarta ikut serta dalam pemilihan maskot dan jingle (lagu)," kata Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari, pada Sabtu, 25 Mei 2024, dilansir Antara.

Astri mengatakan maskot dan lagu yang resmi hari ini diluncurkan nantinya digunakan dalam setiap acara sosialisasi Pilgub DKI Jakarta.

Adapun penampakan Mayor yaitu berupa boneka macan dengan dominasi warna kuning dan kumis berwarna biru, mengenakan busana khas Betawi, yakni baju tikim dan bawahan berupa celana pangsi berwarna merah. Mayor juga mengenakan peci berwarna senada dengan busana.

Macan Kemayoran sendiri merupakan sebutan pada seorang pendekar Betawi yang pemberani bernama Murtado.

Pemenang sayembara maskot Pilgub DKI Jakarta 2024, Bambang G., mengatakan ide penampilan Mayor berawal dari menggabungkan antara pahlawan Betawi Si Pitung dan sosok pemberani bernama Murtado.

"Waktu itu karena lombanya nyambung sama Jakarta, Betawi. Jadi, berpikirnya yang pertama itu Si Pitung sama Macan Kemayoran. Sementara Macan Kemayoran 'kan gahar banget. Jadi, bagaimana caranya dibikin versi unyu-unyu," ujar Bambang lagi.

Berbarengan dengan peluncuran maskot, lagu, dan tahapan Pilgub DKI, juga tersedia stan sosialisasi Pilgub dari KPU Kabupaten dan Kota serta pembagian kupon jajanan Betawi di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam permainan di stan tersebut.

Acara peluncuran dihadiri oleh musisi ternama Indonesia, Armada Band, beserta band lainnya.