Bagikan:

BOGOR - Pemberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Bogor ke Arab Saudi masih terus berlangsung. Terbaru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melepas keberangkatan jemaah haji kloter 17 JKS, di Gedung Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Minggu 19 Mei 2024.

Kloter 17 JKS merupakan kloter ketiga asal Kabupaten Bogor dengan jumlah jemaah 432 orang, terdiri dari 195 laki-laki dan 237 perempuan.

Mereka saat ini telah masuk ke asrama haji Bekasi untuk selanjutnya diterbangkan menuju tanah suci pada malam harinya.

Keberangkatan kloter ketiga ini membuat jumlah jemaah haji asal kabupaten Bogor yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, yaitu 1.296 jemaah.

Ini juga berarti tersisa 7 kloter lagi atau sebanyak 2.295 jemaah yang belum diberangkatkan.

Adapun, Plh. Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Iip Ripanudin saat melepas jemaah berpesan agar jamaah haji dapat terus menjaga kesehatan fisik dan mental jelang pelaksanaan ibadah haji.

Hal ini agar seluruh rangkaian ibadah haji yang panjang dan padat itu dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

“Laksanakan ibadah haji sesuai rukun, wajib, sunnah dan syarat-syarat sah lainnya. Jauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah haji dan perbuatan yang sia-sia yang dapat mengurangi pahala serta kekhusuan dalam beribadah,” katanya

Ia juga meminta agar jemaah selalu menjaga kekompakan, kerukunan, kebersamaan dan kembangkan sikap saling membantu satu sama lain.

Serta menjaga nama baik Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan bangsa Indonesia selama di Arab Saudi.

“Dengan niat yang lurus, menjalankan ibadah haji lillahi ta’ala, serta bersungguh-sungguh beribadah sesuai syariat, jemaah haji Indonesia khususnya Kabupaten Bogor dapat menjadi haji yang mabrur,” tandasnya.

Tak lupa, Iip juga mengingatkan, kepada para petugas haji karom dan karu, kiranya dapat menjalankan tugas mulia membimbing, membina dan memandu jamaah haji Kabupaten Bogor dengan sebaik-baiknya, tulus dan ikhlas.