Jemaah Calon Haji Diingatkan Jangan ‘Kampanye’ di Depan Ka’bah
ILUSTRASI UNSPLASH/KHAWAJA UMER FAROOQ

Bagikan:

BOGOR - Pelaksana tugas (Plt) Bupati BogorIwan Setiawan mengingatkan kepada calon jemaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci agar tidak "kampanye" ketika berada di depan ka'bah.

"Karena situasi ini kan sudah menjadi viral, juga kalau di Masjidil Haram, di depan ka'bah suka nulis-nulis mendoakan calon baik itu legislatif atau apapun. Ini mengganggu fokus jamaah haji," ujarnya usai melepas calon jemaah haji di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong dilansir ANTARA, Rabu, 24 Mei.

Belakangan ini jemaah umrah asal Indonesia menjadi sorotan, karena sering mengabadikan momentum dirinya di depan ka'bah sambil memegang kertas ataupun gawai dengan berbagai macam tulisan.

Iwan berpesan agar jemaah haji asal Kabupaten Bogor mampu beradaptasi dengan tradisi maupun peraturan hukum yang ada di Arab Saudi.

"Kita masuk ke negara lain dengan aturan dan hukum yang beda, cuaca beda, harus menyesuaikan dan adaptif dengan situasi di sana dan juga kebiasaan di sini jangan dibawa ke sana, seperti tadi jangan bawa jimat," kata Iwan.

Pemerintah Kabupaten Bogor bersama kantor Kementerian Agama setempat memberangkatkan 3.530 calon haji pada 2023.

"Kabupaten Bogor mendapatkan kuota sebanyak 3.530 calon haji dengan rincian 3.203 calon haji reguler dan 327 calon haji prioritas lansia yang terdiri sekitar delapan sampai dengan sembilan kloter," ungkap Iwan.

Kuota calon jemaah haji Kabupaten Bogor merupakan yang terbanyak di Indonesia, mengingat wilayah tersebut jumlah penduduknya terbesar dibandingkan kota/kabupaten lainnya, yakni mencapai 5,4 juta penduduk.

Pemberangkatan 3.530 calon haji asal Kabupaten Bogor dibagi menjadi 11 kloter. Kloter pertama diberangkatkan hari ini berjumlah 472 calon haji dan delapan orang pendamping.