Bagikan:

BANJARMASIN - Sebanyak 1.600 orang jemaah calon haji (JCH) dari Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah berangkat ke Tanah Suci Makkah lewat Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalsel.

Jemaah haji ini tergabung pada lima kelompok terbang (kloter) sejak 12-17 Mei 2024.

"Sebanyak 1.600 orang jemaah calon haji itu sudah tiba di Madinah," kata Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 18 Mei.

Saat ini, ungkap dia, tengah bersiap Kloter 06 dari Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah berada di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru dan diberangkatkan Minggu (19/5) pada pukul 08:20 WITA.

Menurut dia, sejauh ini proses keberangkatan jamaah calon haji di Embarkasi Banjarmasin berjalan lancar.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar, para calon haji semua tertib dan mematuhi aturan," ucapnya.

Untuk keberangkatan haji saat ini langsung ke Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah Arab Saudi.

Keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin untuk 19 kloter dijadwalkan dari 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

Adapun jumlah jamaah calon haji yang diberangkatkan sebanyak 5.759 orang, dengan rincian, asal Kalsel sebanyak 4.071 orang pada 14 kloter dan Kalteng sebanyak 1.688 orang pada lima kloter.

Tambrin meminta seluruh jamaah agar menerapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup, menghindari paparan sinar matahari secara langsung dengan selalu menggunakan alat pelindung diri dan alas kaki, minum air putih dan tidak menunggu haus supaya tidak dehidrasi dan tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunah.

"Siapkan diri dengan menjaga kesehatan, hindari kelelahan yang berlebih dan fokus untuk beribadah pada puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), karena cuaca di Arab Saudi tidak sama dengan di Indonesia," ujarnya.

Diinformasikan, kata Tambrin, saat ini cuaca di Madinah maupun Makkah mencapai 40 derajat celsius," papar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut.

Tambrin juga meminta seluruh jamaah calon haji untuk mematuhi aturan, baik dari ketua kloter maupun dari tim kesehatan.

"Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur," pungkasnya.