Bagikan:

BANJARMASIN - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag), Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Tambrin menyampaikan calon jemaah haji tertua untuk Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin berusia 91 tahun. 

"Beliau calon jemaah haji perempuan bernama Aslamiyah Maseh Uspa dari Kabupaten Banjar," ujarnya di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dilansir ANTARA, Sabtu, 11 Mei. 

Menurut dia, calon jemaah haji tertua Kloter 01 yang sudah masuk asrama hari ini dalam kondisi sehat dan siap untuk diberangkatkan.

"Saya sudah mengunjungi beliau tadi di kamarnya," ujar Muhammad Tambrin.

Menurut dia, Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar diberangkatkan pada Minggu (12/5) sekitar pukul 8.40 WITA.

Sebagaimana besar calon jamaah haji Kloter 01 adalah lanjut usia (lansia) karenanya pelayanan bagi mereka dioptimalkan. "Karena penyelenggaraan haji tahun ini tetap ramah lansia," ujarnya.

 

Muhammad Tambrin mengatakan untuk calon jemaah haji lansia diberikan pelayanan utama, bahkan sejak dari rumah hingga keberangkatan dan di Tanah Suci nanti.

"Semuanya dimudahkan bagi mereka, ini instruksi langsung dari Menteri Agama," kata Muhammad Tambrin.

Menurut dia, Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin sebanyak 320 orang dengan petugas dan tenaga kesehatan haji.

Muhammad Tambrin menyebutkan keberangkatan haji Embarkasi Banjarmasin sebanyak 19 kloter dari dua provinsi yakni, Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Adapun jumlah calon jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan pada musim haji tahun 2024 sebanyak 5.759 orang, dengan rincian dari Kalsel sebanyak 4.071 orang dan Kalteng sebanyak 1.688 orang.