Bagikan:

JAKARTA - Seekor kuda Brasil yang dijuluki Caramelo oleh pengguna media sosial menarik perhatian dunia karena terdampar di atap perumahan di Brasil selatan, lokasi banjir bandang.

Kuda coklat itu telah berdiri di atas dua jalur sempit asbes yang licin selama berhari-hari di Canoas, kota di wilayah metropolitan Porto Alegre, salah satu daerah yang paling terdampak banjir.

“Kami menemukan hewan tersebut dalam keadaan lemah,” Cap. Tiago Franco, petugas pemadam kebakaran dari Sao Paulo dilansir dari CBS News, Sabtu, 11 Mei.

“Kami mencoba melakukan pendekatan dengan cara yang tenang.”

Petugas pemadam kebakaran dan dokter hewan naik ke atap yang sebagian besar terendam, membius dan melumpuhkan kuda tersebut dan kemudian membaringkannya di atas perahu karet.

Operasi tersebut melibatkan empat perahu karet dan empat kapal pendukung, bersama petugas pemadam kebakaran, tentara dan relawan lainnya.

Penyelamatan tersebut disiarkan langsung di jaringan televisi yang merekamnya dari helikopter mereka. Influencer media sosial Felipe Neto mengirimkan kabar terbaru kepada hampir 17 juta pengikutnya di X saat penyelamatan sedang berlangsung. Setelah itu, dia menawarkan untuk mengadopsinya.

"Caramelo, Brasil mencintaimu! Ya Tuhan, betapa bahagianya," tulisnya.

Istri Presiden Luiz Inácio Lula da Silva, Janja, mengunggah video dirinya membagikan kabar baik kepada pemimpin Brasil tersebut, dan berbisik ke telinganya di acara resmi. Dia tersenyum, mengacungkan jempol dan memeluknya.

Gubernur Rio Grande do Sul, Eduardo Leite, juga merayakan penyelamatan tersebut, dengan memposting di X: "Semua kehidupan penting, kami berdiri teguh!"