Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 1.798 calon haji Riau sudah berangkat dari embarkasi Batam menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah sehingga sudah empat kloter jamaah calon haji Riau yang berada di Madinah.

"Hari ini sudah empat kloter Riau berangkat dari Embarkasi Batam menuju Madinah. Jamaah tersebut terdiri dari jamaah asal Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kampar dan kondisi jamaah dalam keadaan sehat," kata Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi, di Pekanbaru, dikutip dari Antara, Sabtu 18 Mei.

Ia mengatakan ada dua calon haji Riau yang menjalani perawatan yakni satu orang dirawat di RSBP Batam dan satu lagi di embarkasi Batam. Jika sudah mendapatkan status layak terbang dari KKP maka mereka segera mendapatkan seat pesawat untuk berangkat.

Muliardi mengatakan pada hari ini juga masuk JCH asal Kabupaten Indragiri Hilir 142 orang dan Kabupaten Siak 142 orang, serta Siak 300 orang, dan 8 petugas kloter dan daerah yang tergabung dalam Kloter BTH-07.

"Alhamdulillah jamaah yang sudah berada di Madinah dalam kondisi baik dan sehat, jamaah sedang melaksanakan arbain dan ziarah serta memanfaatkan waktu untuk memperdalam ilmu manasik haji, dipimpin oleh masing-masing pembimbing ibadah," katanya.

Ia menyebutkan jamaah Kloter BTH-06 berjenis kelamin laki-laki sebanyak 195 orang, berjenis kelamin perempuan sebanyak 255 orang dengan anggota jamaah tertua atas nama Ali Hamid Ahmad (84) dan termuda atas nama Rahman Ramadhan (20) serta jumlah lansia sebanyak 63 orang.

Kemenag Riau mencatat bahwa 5.318 calon haji asal Riau berangkat dalam dua gelombang yakni pertama dari Tanah Air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024.

JCH Riau yang berangkat pada gelombang kedua yakni 21 Mei-1 Juni 2024 dari Tanah Air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah.

Sebanyak 5.318 calon haji Provinsi Riau tergabung dengan Embarkasi Haji Batam (BTH). Jamaah Riau tidak lagi menggunakan Embarkasi Haji Antara Riau.