Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI meningkatkan sinergi dengan pihak terkait untuk menjaga ketertiban dan keamanan menjelang pilkada.

"Saya harap Satpol PP dapat juga aktif bantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta sehingga masyarakat bisa melaksanakan sebagaimana administrasi kependudukan yang diamanatkan dalam UU atau PP serta keputusan Kemendagri," kata Heru, Jumah 17 Mei.

Falam Peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-62 DKI Jakarta di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat, Heru mengapresiasi seluruh jajaran Satpol PP DKI Jakarta dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang telah menjalankan tugas dalam menjaga ketentraman, ketertiban dan perlindungan warga Jakarta.

Keberhasilan seluruh tahapan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif yang telah berlangsung, kata Heru, semua terlaksana dengan aman, tertib dan damai.

Hal ini menjadi wujud kerja keras Satpol PP bersama seluruh jajaran penyelenggara Pemilu, TNI-Polri, perangkat daerah dan elemen organisasi masyarakat.

Selain itu, Heru menyebutkan, sinergi ini harus terus dipertahankan terutama jelang Pilkada yang akan digelar November 2024. Satpol PP dan Satlinmas diharapkan terus berinovasi dan berperan atas transformasi kota Jakarta sebagai pusat kegiatan bisnis berskala global yang tenteram dan kondusif.

Heru juga mengingatkan dalam transisi, yaitu perpindahan Ibu Kota dan UU Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang sudah ditandatangani oleh presiden.

"Saya meminta Satpol PP dan Satlinmas agar terus meningkatkan keterlibatan masyarakat melalui berbagai program sehingga warga Jakarta dapat aktif dalam menjaga ketentraman dan ketertiban kota termasuk pada bulan ini sampai Juni," ujar Heru.