Bagikan:

TANJUNG SELOR - Kebakaran hebat terjadi di Desa Long Beluah, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). Kabar duka itu juga sudah diketahui Bupati Bulungan, Syarwani.

"Ini saya sedang dalam perjalanan menuju desa Long Beluah, setelah mendapat laporan musibah kebakaran itu," kata Syarwani.

Syarwani mengungkapkan, kebakaran yang  terjadi di RT 9 desa long beluah itu telah menghanguskan 18 rumah yang dihuni 79 jiwa.

"Ini update laporan yang saya terima dari Tagana Bulungan pada pukul 17.25 Wita sore tadi," jelasnya.

Syarwani sudah meminta kepala dinas terkait yakni Dinas Sosial, Kadis Ketahanan Pangan, Kalak BPBD, Camat Tanjung Palas Barat dan kades Long Beluah untuk segera menyalurkan bantuan Kedarutan sperti Selimut dan Makanan Siap Saji.

"Semua kebutuhan warga yang terkena musibah ini segera disiapkan seperti Beras, Pakaian, tikar dan lainnya," tegasnya.

"Lakukan pendataan dan kondisikan korban ke tempat pengungsian sementara, yang aman dan nyaman," lanjutnya.

Sebelumnya, Camat Tanjung Palas Barat, Zakaria saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini petugas masih melakukan pendataan.

"Saya tidak mengetahui secara pasti kapan kejadian ini terjadi. Saya posisi di Tanjung Selor. Sampai disini (Long Beluah) api sudah padam," kata Zakaria 

Kebakaran baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.30 Wita. Total ada 14 rumah milik warga ludes terbakar. Sementara, 4 rumah ikut terdampak. 

"Enam rumah terpaksa dirusak," ungkapnya.

Pengrusakan itu dilakukan untuk mengantisipasi api meluar ke rumah milik warga lainnya. Untuk penyebabnya, belum dapat dipastikan karena masih dalam proses penyelidikan.

"Saya belum tahu, karena masih dalam proses penyelidikan," pungkasnya.