Bakal Diusung Golkar Jadi Cagub Banten, Airin Juga Daftar ke 4 Partai
Mantan Wali Kota (Walkot) Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany. (Diah-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Wali Kota (Walkot) Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany bakal diusung Partai Golkar menjadi calon Gubernur Banten di Pilkada 2024. Ia mengaku juga mendaftarkan diri sebagai bakal cagub kepada 4 partai lainnya.

Airin mengaku sudah mengambil formulir pendaftaran ke 4 partai tersebut. Hal ini diungkapkan Airin saat hadir dalam penjaringan bakal calon kepala daerah (cakada) PKB.

"Yang parti kemarin ada pendaftaran dari PAN dan juga dari NasDem, kemarin sudah ada mengambil formulir. Nanti insyaallah dalam waktu dekat mengembalikan formulir barengan dengan PDIP maupun juga dengan PKB," kata Airin di Jakarta, Kamis, 2 Mei.

Airin mengaku Golkar tak bisa sendiri mengusungnya di Pilgub Banten. Mengingat, Golkar hanya mendapat 14 kursi dalam Pileg 2024 di DPRD Banten.

Sementara, dibutuhkan minimal 20 kursi bagi parpol untuk mengusung calon Gubernur Banten dalam Pilkada 2024.

Sehingga, mantan Wali Kota Tangsel 2 periode ini harus bergerak mencari dukungan dari parpol lain agar koalisi bisa terjalin.

"Diawali dengan silaturahmi yang baik, dengan seluruh partai yang ada di provinsi banten, mudah-mudahan menjadi awal yang baik dalam peoses demokrasi di Provinsi Banten dalam rangka pemenangan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Airin juga menjelaskan alasan dirinya memilih untuk maju dalam Pilgub Banten meskipun lolos dalam Pileg DPR RI 2024 dengan perolehan suara tertinggi di dapil Banten III.

"Yang pasti sangat manusia. Tetapi sekali lagi ini adalah bentuk proses demokrasi, bagian dari ikhtiar. Kita bisa bekerja di mana pun yang penting memberikan manfaat," tandasnya.