Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia merespons pencalonan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten yang justru diusung PDIP. Doli mengatakan, Golkar lebih mementingkan kebersamaan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk kepentingan yang lebih besar.

Diketahui, Partai Golkar telah resmi mendukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Banten 2024. Sementara kadernya, Airin justru diusung PDIP untuk maju bersama Ade Sumardi.

"Ya kalau Bu Airin kan seperti yang sudah kita lihat tadi malam, Pak Bahlil atau DPP sudah memberikan B1KWK kepada Andra Soni dan Pak Dimyati. Tapi siangnya kan Ibu Airin juga sudah mendeklarasikan dirinya tetap menjadi calon gubernur bersama dengan Pak Ade. Nah jadi tentu ini sebetulnya situasi yang tidak mudah dihadapi oleh Golkar," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 26 Agustus.

"Tapi kita sekali lagi mengatakan bahwa pilihannya itu berdasarkan kepentingan yang lebih besar ya. Kebersamaan kami dengan Koalisi Indonesia Maju ini adalah lebih pada mengutamakan kepentingan kebersamaan yang lebih besar, itu kepentingan bangsa dan negara," sambungnya.

Doli mengatakan, Partai Golkar menghargai sikap politik Airin yang secara syarat dan kompetensi sudah memenuhi untuk mencalonkan diri di Pilgub Banten. Golkar, kata dia, juga memberikan keleluasaan kepada Airin untuk menggunakan hak pribadinya dan atribusi partai secara formal.

"Dan kami tidak akan mengusulkan kepada teman-teman DPP untuk memberikan sanksi apapun kepada Ibu Airin, karena itu hak sebagai warga negara ya dijamin konstitusi. Apalagi dia masih menyatakan sampai sekarang adalah kader Partai Golkar, tentu kita memberikan kesempatan juga kepada Ibu Airin," kata Doli.