Ketua DPR Puan Maharani Harap Vaksinasi COVID-19 Jangkau Seluruh Masyarakat
Ketua DPR Puan Maharani (DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani berharap vaksinasi COVID-19 menjangkau seluruh masyarakat. Puan mengapresiasi kinerja pemerintah pusat dan daerah dalam program vaksinasi COVID-19.

"Meskipun vaksinasi masih terbatas, DPR berharap vaksin dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia," ujar Puan membuka membuka Masa Persidangan IV Tahun 2020-2021 pada rapat paripurna, Senin, 8 Maret.

DPR juga akan mendorong terjaminnya akses vaksin yang aman, efektif dan berkualitas. 

"Untuk itu seluruh komisi terkait di DPR diharapkan dapat memberikan dukungan demi terwujudnya rencana besar tersebut," kata Puan.

Pemerintah sebelumnya menargetkan akan melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap 40.349.051 dari 182 juta orang penduduk Indonesia atau sekitar 70 persen dari total populasi.

Vaksinasi diberikan dua dosis dan penyuntikannya dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu 14 hari.

Hal itu dilakukan untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, efektifitas vaksin COVID-19 atas timbulnya imun baru akan efektif muncul pada 28 hari setelah suntikan kedua.

"Karena itu kesadaran dari masyarakat atas penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan dengan baik," ujar Menkes pada Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Bagi Pelaku Usaha Pariwisata di Manado, Sulut dikutip Antara, Jumat, 5 Maret.

Vaksinasi COVID-19 itu menurut Menteri, tidak 100 persen memproteksi untuk tidak kena virus. Namun dapat menekan probabilitas atau risiko untuk sakit sehingga diharapkan terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik.