Soal Pembentukan Koalisi Baru, TKN Prabowo-Gibran Tunggu Penyerahan SK Kemenangan dari KPU
FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menjawab soal rencana pembentukan koalisi baru pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menguatkan penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029. 

Nusron mengatakan, pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) kemenangan Prabowo-Gibran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dijadwalkan akan diserahkan pada Rabu, 24 April lusa. 

"Kita kan masih ada agenda satu lagi, yaitu tanggal 24 hari Rabu, setelah hasil MK ini kan KPU harus menindaklanjuti yaitu penetapan dan pengesahan pemenang pemilu sekaligus penyerahan SK yang memungkinkan akan dijadwalkan hari Rabu, jam nya 10 pagi," ujar Nusron di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Senin, 22 April.

"Nah, mungkin setelah penetapan KPU nanti pasti akan banyak kejadian kejadian politik," sambungnya. 

 

Nusron meyakini, beberapa partai politik (parpol) pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal merapat dan bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, kata Nusron, parpol-parpol itu juga tak mau mendahului KPU. 

"Saya yakin beberapa partai partai pendukung baik pendukung 01 ataupun 03 yang akan menyatakan rekonsiliasi membangun koalisi baru dalam pemerintahan pak Prabowo-Gibran pasti juga tidak mau nggege mongso, mendahului waktu," kata politikus Golkar itu. 

"Karena ini sudah diputus MK maka satu langkah lagi keputusan KPU. Itulah saat momennya melakukan komunikasi dan rekonsiliasi ataupun rekonsiliasi pembentukan koalisi baru," tambah Nusron. 

Nusron menilai, upaya rekonsiliasi tersebut akan sembari berjalan hingga waktu pelantikan Prabowo-Gibran tiba, yang memakan waktu kurang lebih salam enam bulan. 

"Meskipun saya yakin proses komunikasi itu tetap sudah dilaksanakan sejak selesai pemilu kemarin sampai hari ini, tapi langkahnya itu pasti akan menunggu keputusan resmi dari KPU yang akan dilaksanakan pada hari Rabu nanti," pungkasnya.