Siang Ini, 2.713 Aparat Gabungan Jaga Demo di Monas
Aparat Gabungan Jaga Demo di Monas/ Fot: IST

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat kembali menerjunkan ribuan pasukan guna melakukan pengamanan aksi unjukrasa di patung kuda kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat, 19 April.

"Kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat. Kami menerjunkan 2.713 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi.

Ribuan aparat gabungan yang dikerahkan terdiri dari Polri, TNI, Pol PP dan Dishub. Petugas akan dibagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas.

"Siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif," ujarnya.

Kombes Susatyo juga menghimbau kepada para personel gabungan agar yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

Terkait