Bus Kucing dari Anime <i>Totoro</i> Layani Penumpang di Prefektur Aichi Jepang
Bus 'Totoro'. (Sumber: Studio Ghibli)

Bagikan:

JAKARTA - Kendaraan listrik berkecepatan rendah yang terinspirasi dari bus kucing di film anime Studio Ghibli "My Neighbor Totoro" diluncurkan oleh pemerintah prefektur di Jepang pada Bulan Februari dan mulai melayani penumpang Maret lalu.

Masyarakat dapat menaiki kendaraan ini di Taman Peringatan Aichi Expo 2005, Nagakute, Prefektur Aichi, mulai tanggal 16 Maret. Rute yang ditempuh sesekitar 10 menit ini akan membawa penumpang melalui bagian lahan yang tidak dapat diakses oleh pejalan kaki.

Taman prefektur ini, yang dibangun di bekas lokasi World Expo, merupakan rumah bagi berbagai atraksi termasuk taman hiburan Ghibli Park, yang menciptakan kembali dunia yang digambarkan dalam karya animasi studio terkenal internasional.

Berharap untuk membangkitkan pesona karakter magis dari film hit tahun 1988, kendaraan ini menampilkan desain depan berbentuk wajah kucing, lengkap dengan mata yang menyala dan jok dilapisi dengan bahan mirip bulu.

Menariknya, penumpang bus ini akan menerima kartu kenang-kenangan bergambar sutradara film tersebut, Hayao Miyazaki.

Putra sulungnya, Goro Miyazaki, seorang sutradara film di studio yang mengawasi pembangunan Ghibli Park mengatakan, ia berharap pengunjung akan menaiki wahana tersebut, dikutip dari Kyodo News 1 April.

Untuk harga tiketnya sekitar 1.000 yen untuk untuk dewasa dan 500 yen untuk anak-anak berusia 4 tahun hingga usia sekolah dasar.