Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah memberikan potongan tarif atau diskon di Tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Potongan ini merupakan dukungan dari pemerintah kepada masyarakat menjelang musim mudik Lebaran, selain peningkatan dalam layanan operasional jalan tol.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada asosiasi tol Indonesia yang telah menginisiasi memberikan diskon tol kepada ruas-ruas jalan tol. Pertama, jalan tol Trans-Jawa, yaitu Tangerang-, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Cikampek elevated (MBZ), Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Penjagan, Penjagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-ABC, dan Jombang-Mojokerto. Diskon yang diberikan pada jalan tol Trans-Jawa ini adalah 20 persen," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di gedung DPR, Selasa, 2 April

"Dan jalan tol Trans-Sumatera yaitu Indralaya-Prabumulih dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung masing-masing dengan 20 persen," tambahnya. 

Basuki mengatakan, diskon tersebut berlaku pada periode mudik mulai 3 April mulai pukul 05.00 sampai dengan 5 April pukul 05.00 WIB. Serta periode arus balik pada 17 April pukul 05.00. dan 19 April sampai pukul 05:.0 WIB.

"Yang kedua, diskon tol juga akan diberikan oleh para PUJT (tol) Krian-Legundi-Bunder sebesar 14-35 persen untuk kendaraan non golongan dengan rincian, Golongan II dan III sebesar 14 persen, Golongan IV dan V sebesar 35 persen selama 17 hari mulai tanggal 3 April sampai dengan 19 april 2024," kata Basuki.

Basuki menyebut potongan tarif ini berlaku untuk transaksi non tunai dengan saldo kartu elektronik cukup.  

"Oleh karena itu, kami mohon agar masyarakat untuk dapat memastikan saldo kartu elektronik mencukupi selama perjalanan," pungkasnya.