Menko Polhukam Jamin Mudik Lebaran 2024 Lancar dan Aman
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam ) Hadi Tjahjanto memberikan bingkisan kepada pemudik Pelabuhan Merak. ANTARA/Mansyur

Bagikan:

JAKARTA - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyatakan pemerintah menjamin mudik Lebaran 1445 H/2024 berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.

"Kita memberikan pelayanan terbaik agar mudik berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan," katanya saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak dilansir ANTARA,  Senin, 1 April.

Pemerintah ditegaskan Hadi memberikan jaminan arus mudik lancar, aman selamat sampai tujuan, karena sudah dipersiapkan mulai keberangkatan hingga perjalanan.

Persiapan ini, kata dia, di antaranya keamanan dan kelancaran di jalur bebas hambatan, jalur nasional, dermaga pelabuhan juga pos pengamanan dan pos pelayanan.

"Semua itu sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat yang hendak mudik Lebaran," katanya menjelaskan.

Menurut Menko Hadi, pihaknya sudah memperhitungkan jika terjadi kemacetan kendaraan maka dilakukan tindakan mencari jalur alternatif.

Begitu juga bila terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan maka tindakan yang dilakukan dengan menampung kendaraan di lahan-lahan parkir juga ditambah operasional kapal.

Dengan demikian, pihaknya meyakini arus mudik tahun 2024 berjalan aman dan lancar, katanya menjelaskan.

Hadi juga mengimbau pemudik yang akan melakukan perjalanan menggunakan kapal tentu satu hari sebelum keberangkatan membeli tiket melalui aplikasi.

Begitu juga pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bila lelah dan mengantuk terlebih dulu berhenti dan istirahat ditempat yang disediakan di area-area tertentu.

"Kami berharap semua pemudik berjalan lancar dan aman sampai tujuan sehingga bisa berlebaran di kampung halaman bersama keluarga," katanya menjelaskan.

Menko Pulhukam juga memberikan bingkisan kepada penumpang di Dermaga Eksekutif Merak untuk berbuka puasa di perjalanan.

Dalam kunjungan kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak juga dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.