Jawa Tengah jadi Konsentrasi Tertinggi pada Mudik Lebaran, Menko PMK: Mohon Gubernur dan Kapolda Kampanyekan Penggunaan Jalur Selatan
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Irfan Meidianto)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan, Jawa Tengah (Jateng) akan menjadi daerah konsentrasi mudik tertinggi pada Lebaran tahun ini.

“Jawa tengah merupakan konsentrasi arus mudik tertinggi," ujar Muhadjir, Minggu, 24 April.

Oleh karena itu, lanjut Muhadjir, pemerintah berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan jalur selatan untuk memecah konsentrasi dan mengurangi kemacetan.

Muhadjir menegaskan, pemerintah pusat dan daerah terus berkoordinasi untuk mempersiapkan mudik Lebaran yang diperkirakan meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya. Diperkirakan, ada sekitar 85,5 juta pemudik pada libur lebaran 2022 ini.

"Pemerintah berharap agar dapat berlangsung lancar, aman, dan selamat sampai di kampung halaman," katanya.

Guna mengantisipasi kepadatan pemudik di jalur utama dan jalur Pantai Utara (Pantura), Menko PMK juga telah meminta agar pihak Polda Jateng mempromosikan jalur alternatif, yakni di jalur selatan dan jalur Pantai Selatan.

Muhadjir meminta agar Polda Jateng menyiapkan berbagai fasilitas yang diperlukan di jalur selatan. Hal ini juga sesuai dengan saran Presiden Jokowi agar memanfaatkan memanfaatkan jalur selatan untuk pulang ke kampung halaman.

“Ini saya mohon Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) dan Pak Kapolda mengampanyekan terutama mereka yang tinggal di daerah dan kota di wilayah selatan sebaiknya menggunakan jalur selatan,” jelasnya.

Menko Muhadjir menjelaskan, persiapan bukan hanya jalan yang mulus tetapi juga disiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Seperti rest area, warung kelontong, SPBU, dan kalau perlu juga ada jajanan dan makanan khas Jawa Tengah di rest area.

“Ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya Bapak Gubernur bagaimana kampanye sekaligus disiapkan, juga diiming-imingilah (masyarakat) untuk mau lewat jalur selatan,” katanya.

Selain itu, tambah Muhadjir, persiapan tata kelola lalu lintas dan fasilitas-fasilitas yang diperlukan juga harus dimaksimalkan.

“Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan dan secepatnya ikuti vaksin booster. Semoga tahun ini kita dapat mudik lebaran dengan aman, lancar, sehat dan menyenangkan. Aamiin YRA,” demikian Muhadjir.