Pascaledakan, Kapolda Metro Minta Warga Lapor Petugas Jika Temukan Bahan Peledak
Tangkap layar video ledakan di gudang munisi daerah Ciangsana, Jawa Barat

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto meminta masyarakat untuk tidak mengutak-atik material mirip munisi yang ditemukan pascakebakaran akibat ledakan di Gudang Munisi Paldam Jaya.

Masyarakat diminta untuk segera melapor ke petugas jika mendapat atau melihat benda mirip munisi. Sebab, hanya petugas yang memiliki kemampuan bisa mengamankannya.

"Ya, ini masyarakat biar paham, kalau ada bahan peledak jangan dikutak-kutik, segera lapor saja kepada kepolisian. Ada mungkin Babinsa atau Bhabinkamtibmas," ucap Karyoto kepada wartawan, Sabtu, 30 Maret.

Kata Karyoto, tidak sembarang orang bisa mengamankan material bahan peledak. Bahkan, seorang polisi pun harus memiliki kemampuan khusus untuk melakukannya.

"Tidak setiap polisi pun ahli, harus yang betul-betul professional. Kalau dari kami ada dari Brimob, nanti akan turun," ucapnya.

Selain itu, Karyoto juga menyebut polisi akan mulai patroli untuk menyisir dan mencari material bahan peledak yang kemungkinan terlontar saat ledakan terjadi.

"Kalau kita sudah jalan. Kita mengimbau kepada masyarakat, kewajiban dari media memberikan pengetahuan kepada masyarakat kalau ada benda-benda yang diduga mirip, laporkan saja ke petugas," ujar Karyoto.

Ledakan Gudang Munis Paldam Jaya terjadi sekitar pukul 18.05 WIB. Berdasarkan video amatir yang beredar memperlihatkan api membumbung tinggi. Ledakan tersebut menciptakan kepanikan warga di sekitar area.

Bahkan, ada beberapa selongsong terlontar ke area permukiman. Saat ini, benda tersebut telah diamankan anggota TNI setempat.