Gerindra Puji Puan yang Tak Instruksikan Hak Angket: Negarawan Sejati
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dok. Instagram/@prabowo)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, memuji sikap Ketua DPR RI Puan Maharani yang menyatakan tidak ada instruksi kepada fraksinya untuk mengajukan hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024. Menurutnya, sikap Puan tersebut menunjukkan sikap negarawan. 

"Pernyataan tersebut sangat menyejukkan bagi rakyat di akar rumput. Kami sangat mengapresiasi Ibu Puan yang telah bersikap sebagai negarawan sejati," ujar Habiburokhman kepada wartawan, Sabtu, 30 Maret. 

Wakil Ketua Komisi III DPR itu menilai hak angket bukanlah sesuatu yang menjadi prioritas. Dia pun mengajak pihak yang kalah pemilu untuk segera move on agar tidak ada perselisihan di antara anak bangsa. 

"(Hak angket) Bahkan berpotensi memicu kegaduhan yang sangat tidak produktif. Sudah saatnya kita semua move on dari pertikaian Pemilu. Kita harus segera bersatu dan bekerja keras kembali melayani rakyat," kata Habiburokhman. 

Legislator dapil Jakarta Timur itu mengatakan, lebih baik anggota dewan fokus menyelesaikan tugas perundang-undangan. Apalagi, kata dia, masa kerja anggota DPR RI periode 2019-2024 hanya tinggal beberapa bulan lagi.

"Baiknya kita manfaatkan untuk menyebut pengesahan beberapa rancangan undang-undang penting yang belum selesai, antara lain undang undang kitab undang undang hukum acara pidana, undang undang Mahkamah Konstitusi dan lain lain," kata Habiburokhman.