VIDEO: Alasan Mengapa Paskah Identik dengan Telur
VIDEO: Alasan Mengapa Paskah Identik dengan Telur. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hari Paskah diperingati oleh umat Kristiani untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan ini biasanya identik dengan telur Paskah yang dihias berwarna-warni. Lalu, apa sih alasan paskah identik dengan telur?

Telur dalam kepercayaan Kristen melambangkan kebangkitan Yesus Kristus. Telur juga melambangkan kehidupan baru dan kesuburan, yang berarti cocok dengan tema Paskah yang merayakan kebangkitan dan hidup baru. Dikutip dari History, menghias telur Paskah merupakan tradisi yang dilakukan sejak abad ke 13.

Tradisi tersebut bermula dari larangan memakan telur selama masa Prapaskah, karena umat Kristiani harus menjalani puasa makan makanan hewani. Melukis dan menghias telur tersebut adalah tanda masa penebusan dosa dan puasa, dan akan dimakan pada hari Paskah sebagai bentuk perayaan. Zaman dulu, telur Paskah akan dicat dengan warna merah sebagai makna darah Yesus Kristus yang tertumpah di kayu salib dan memecahkan kulit telur Paskah merupakan simbol kebangkitan Yesus.

Namun seiring berkembangnya zaman, telur Paskah kini tidak hanya diwarnai dengan warna merah, tapi juga dengan berbagai macam warna dan dekorasi yang semakin rumit dan indah. Telur Paskah juga kerap dijadikan permainan bernama Easter Egg Hunt, yaitu permainan anak-anak yang mengharuskan mereka mencari telur-telur Paskah yang disembunyikan dan sudah dihias tersebut. Simak videonya berikut ini.