Putin Tegaskan Isu Serang Polandia Omong Kosong Belaka, Rusia Bakal Tembak Jatuh F-16 Pasokan Barat untuk Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin. (DOK FOTO: RIA Novosti via kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia mengklaim tidak memiliki rencana penyerangan terhadap negara NATO mana pun dan tidak akan menyerang Polandia, negara-negara Baltik, atau Republik Ceko.

Tetapi jika Barat memasok pesawat tempur F-16 ke Ukraina maka mereka akan ditembak jatuh oleh pasukan Rusia, Presiden Vladimir Putin.

“Kami tidak memiliki niat agresif terhadap negara-negara ini,” kata Putin, menurut transkrip Kremlin yang dirilis Kamis, 28 Maret.

“Pemikiran kita akan menyerang negara lain - Polandia, negara-negara Baltik, dan Ceko adalah omong kosong belaka. Itu hanya omong kosong belaka,” katanya sebagaimana dilansir Reuters.

Kremlin, yang menuduh AS berperang melawan Rusia dengan mendukung Ukraina melalui uang, senjata, dan intelijen, mengatakan hubungan dengan Washington mungkin tidak pernah seburuk ini.

Ketika ditanya mengenai pesawat tempur F-16 yang dijanjikan Barat akan dikirim ke Ukraina, Putin mengatakan pesawat tersebut tidak akan mengubah situasi di Ukraina.

“Jika mereka memasok F-16, dan mereka membicarakan hal ini dan tampaknya melatih pilot, hal ini tidak akan mengubah situasi di medan perang,” kata Putin.

 

“Dan kami akan menghancurkan pesawat tersebut sama seperti saat kami menghancurkan tank, kendaraan lapis baja, dan peralatan lainnya, termasuk beberapa peluncur roket.”

Pernyataan Putin tersebut menyusul komentar Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada hari sebelumnya soal pesawat tersebut akan tiba di Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.