Otoritas AS Periksa Kotak Hitam Kapal hingga Jembatan Baltimore yang Ditabrak, Penyelam Cari Jasad Korban Tewas
Petugas FBI melakukan pemeriksaan di sekitar Jembatan Baltimore yang rubuh tertabrak kapal kargo. (Wikimedia Commons/FBI Baltimore Field Office)

Bagikan:

JAKARTA - Penyelidik keselamatan federal AS menemukan kotak hitam dari kapal barang yang jatuh di jembatan Baltimore, kata kepala badan tersebut pada Hari Rabu, sementara tim penyelamat mencari sisa-sisa enam pekerja konstruksi yang hilang dalam runtuhnya jembatan tersebut.

Tim jalan raya juga akan memeriksa sisa-sisa jembatan Francis Scott Key yang terpelintir saat mereka mencoba menentukan bagaimana dan mengapa sebuah kapal kontainer menabrak pilar sepanjang 1,6 mil di kegelapan pagi hari pada hari Selasa.

Penyelidik dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS menemukan perekam data tersebut setelah menaiki kapal pada Selasa malam, kata Ketua NTSB Jennifer Homendy. Mereka akan mewawancarai awak kapal dan korban selamat lainnya, katanya, melansir Reuters 27 Maret.

Gubernur Maryland Wes Moore mengatakan pada konferensi pers Hari Selasa, jembatan itu sudah sesuai standar dan tidak ada masalah struktural yang diketahui.

Kapal setinggi 948 kaki (289 meter) itu melaporkan kehilangan tenaga penggerak sesaat sebelum tabrakan dan membuang jangkar untuk memperlambat kapal, sehingga memberikan waktu kepada otoritas transportasi untuk menghentikan lalu lintas di jembatan sebelum kecelakaan. Langkah itu kemungkinan besar dapat mencegah angka kematian yang lebih tinggi, kata pihak berwenang.

Tidak jelas apakah pihak berwenang juga mencoba memperingatkan pekerja sebelum terjadinya dampak.

Pengumpulan data dari kapal akan memberi para penyelidik garis waktu tentang apa yang terjadi pada Hari Rabu, kata Homendy dari NTSB kepada wartawan ketika dia bersiap untuk naik ke kapal.

Prosesnya akan melibatkan pengambilan foto kapal dan jembatan, mendapatkan catatan elektronik dan juga mewawancarai petugas pertolongan pertama. Badan tersebut juga akan memeriksa apakah bahan bakar yang terkontaminasi berperan dalam hilangnya daya kapal, katanya.

Sebelumnya, Tim penyelamat sebelunya berhasil menarik dua pekerja konstruksi keluar dari air hidup-hidup pada Hari Selasa. Salah satunya dirawat di rumah sakit. Sementara enam orang lainnya diperkirakan tewas, termasuk imigran dari Meksiko, Guatemala dan El Salvador, kata Konsulat Meksiko di Washington.

Para pejabat mengatakan kedelapan orang tersebut adalah bagian dari kru pekerja yang memperbaiki lubang di permukaan jalan ketika kapal kontainer berbendera Singapura Dali, meninggalkan Baltimore menuju Sri Lanka, menabrak tiang penyangga.

Bagian jembatan yang bertali segera ambruk ke dalam air, menyebabkan kendaraan dan pekerja tercebur ke sungai.

Penjaga Pantai AS mengatakan mereka sedang mencari mayat-mayat itu 18 jam setelah mereka terlempar dari jembatan ke perairan dingin sedalam 50 kaki di muara Sungai Patapsco.

"Mereka berada di bawah sana dalam kegelapan di mana mereka benar-benar dapat melihat sekitar satu kaki di depan mereka, mereka mencoba untuk menavigasi logam yang hancur di tempat di mana orang-orang diperkirakan telah kehilangan nyawa mereka," kata Gubernur Moore di lokasi kejadian.

Bencana tersebut memaksa Pelabuhan Baltimore, salah satu pelabuhan tersibuk di Pesisir Timur AS, ditutup tanpa batas waktu dan menciptakan kekacauan lalu lintas di Baltimore dan wilayah sekitarnya.