Gubernur Kaltara Minta Maskapai Siapkan Extra Flight Jelang Mudik Lebaran
Bandara Internasional Juata Tarakan/DOK IST

Bagikan:

TARAKAN - Mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang jelang dan pasca Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, sejumlah maskapai akan menambah penerbangan atau extra flight di Bandar Udara (Bandara) Internasional Tarakan.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang mengatakan, tambahan extra flight itu disiapkan oleh maskapai Lion Air Grup. Seperti Super Air Jet, Lion Air dan Batik Air mulai 4-9 April 2024.

"Akan ada tambahan penerbangan sejak 4 sampai tanggal 9 April nanti. Rutenya Tarakan – Jakarta, kemudian Tarakan – Surabaya dan Tarakan – Makassar," kata Gubernur Zainal, Senin, 25 Maret.

Tersedianya extra flight, lanjut Zainal, hasil koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan pihak maskapai.

"Kita melihat dari  pengalaman tahun-tahun sebelumnya, selalu terjadi lonjakan penumpang menjelang IdufFitri. Terutama yang akan bepergian dari Kaltara menuju pulau lainnya di Indonesia seperti Sulawesi dan Jawa," jelasnya.

Gubernur berharap, penambahan penerbangan ini masyarakat yang ingin  mudik lebaran tidak perlu khawatir akan kebutuhan   transportasi udara.

"Saya berharap maskapai lainnya seperti Citilink juga dapat menambah   extra flight, sehingga kita dapat mengantisipasi lonjakan penumpang serta mencegah kenaikan harga tiket yang mahal," pungkasnya. 

Untuk diketahui, jumlah pemudik di Bandara Internasional Juwata Kota Tarakan pada  Idulfitri 2023 lalu meningkat 100 persen dan diperkirakan mencapai 2.000 orang per hari.