Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut ada 5 (lima) orang pejabat pemerintah yang terbukti tidak netral selama Pemilu 2024. Kelima pejabat tersebut sudah dilaporkan ke Bawaslu berdasarkan sejumlah bukti. 

Tito mengatakan lima pejabat itu sudah diberikan sanksi setelah pemerintah melalui Inspektorat melakukan pendalaman kasus.

“Ada 5 yang kita lakukan penggantian dikarenakan ada inisiatifnya sendiri untuk ke arah pasangan tertentu,” ujar Tito dalam rapat bersama Komisi II DPR di gedung DPR, Jakarta, Senin, 25 Maret.

“Tidak spesifik satu pasangan, tetapi ada pasangan ini, pasangan ke sana, ada pasangan ke sini. Kita berikan sanksi juga dengan penggantian,” tambahnya.

Tito mengungkapkan, total aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti tidak netral pada Pemilu 2024 sebanyak 240 orang. Dia mengatakan, Kemendagri jug sudah menjatuhi sanksi kepada para ASN tersebut.

“Dari sejumlah itu ada 240 ASN terbukti melanggar dan dijatuhi sanksi. Kemudian 180 ASN telah ditindaklanjuti oleh PPK dengan penjatuhan sanksi,” katanya.