Antisipasi Banjir Demak, Kapolri Siapkan 112 Jalur Alternatif Saat Arus Mudik Idulfitri 2024
Kapolri Jenderal. Listyo Sigit Prabowo/FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut 112 jalan alternatif telah dipersiapkan sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir di wilayah Demak, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran Idulfitri 2024.

Berdasarkan hasil pemetaan, ditemukan 116 titik banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi belakangan ini.

"Kita juga siapkan titik alternatif, ada 116 yang terdeteksi dan kita siapkan 112 titik alternatif," ujar Sigit kepada wartawan, Senin, 25 Maret.

Tak hanya menyiapkan, Polri juga akan mensosialisasikan rute alternatif tersebut sehingga, masyarakat bisa mengaksesnya atau tak terjebak di ruas jalan yang terdampak banjir.

"Ini tentunya kita akan kita sosialisasikan hingga masyarakat bisa menyadari titik-titik yang terendam banjir," kata dia.

"Menjadi penekanan kita bahwa setiap dinamika yang terkait dengan rekayasa pengaturan di jalan untuk disosialisasikan," sambungnya.

 

Langkah ini dilakukan, lanjut Sigit, dikarenakan berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan masih akan terjadi di beberapa daerah, baik intensitas tinggi maupun rendah.

"Memang cuaca pada saat arus mudik itu kemungkinan ada yang masih hujan dengan intensitas sedang dan ada juga hujan besar hingga ringan," kata Sigit.

Terkait