Menko PMK: Idulfitri 10 April, Puncak Arus Mudik 5-8 April
Menko PMK Muhadjir Effendy/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyebut Hari Raya Idulfiri 2024 diperkirakan jatuh pada 10 April.

Pernyataan itu disampaikannya usai menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024.

"Kemudian Idulfitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024," ujar Muhadjir kepada wartawan, Senin, 25 Maret.

Dengan begitu, pucak arus mudik Idulfitri 2024 diprediksi akan terjadi tiga hari mulai dari 5 April.

Pun untuk arus balik yang diprediksi berlangsung selama 3 hari. Muhadjir menyebut masyarakat akan kembali pada 13 April.

"Puncak mudik diperkirakan akan terjadi tanggal 5 sampai 8 April 2024," sebutnya.

"Arus balik diperkirakan akan terjadi pada tangggal 13 sampai 16 April 2024," sambung Muhadjir.

Soal arus mudik, Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi 193,6 juta masyarakat akan pulang ke kampung halamannya di momen Lebaran 2024. Paling banyak pemudik menuju Jawa Tengah.

"Daerah tujuan pemudik itu pertama adalah Jawa Tengah itu hampir 61,6 juta jiwa," ujar Direktur Penegakkan Hukum atau Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet.

Kemudian, Jawa Timur menjadi daerah kedua yang menjadi tujuan pemudik. Diprediksi 37 juta orang akan ke sana.

Slamet menyebut Jawa Barat menjadi wilayah selanjutnya dengan prediksi 32 juta. Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 11 juta dan DKI Jakarta 6,4 juta orang.

Untuk menghadapi kepadatan kendaraan saat arus mudik Idulfitri 2024, Korlantas Polri menerapkan beberapa rekayasa lalu lintas yakni, contraflow, one way, dan ganjl-genap.